Saturday, February 9, 2019

Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi dengan Mudah


Kehadiran buah hati yang telah dinanti-nanti membuat momen pasca melahirkan menjadi hal yang sangat spesial. Namun apa yang terjadi bila si kecil sakit? Ibu muda biasanya kan langung panic walaupun itu hanya penyakit ringan. Biang keringat pada bayi sebenarnya sesuatu yang wajar terjadi, jadi Anda tidak seharusnya panik. Berikut ini beberapa cara untuk mengatasinnya.

Turunkan Suhu Ruangan
Sebelum Anda memberikan obat untuk menangani biang keringat yang bersarang di kulit tubuh si kecil, Anda sebaiknya menurunkan suhu ruangan terlebih dahulu. Kondisi udara yang panas bisa memperparah kondisi tersebut karena keringat yang terus mengucur. Oleh karena itu aturlah suhu ruanganmenjadi lebih rendah dengan bantuan AC atau kipas angin.

Jangan lupa untuk tidak menghadapkan AC atau kipasangin yang sedang digunakan ke arah si kecil karena hal tersebut bisa berdampak menjadi perut kembung atau bahkan masuk angin. Apabila Anda ingin mengajak si kecil berjalan-jalan ke sekitar rumah, pastikan gunakan topi serta kipas angin elektrik untuk membantu bayi terhindar dari rasa panas. 

Pilih Pakaian Berserat Alami
Agar biang keringat pada bayi tidak semakin parah, pastikan Anda memilih pakaian yang berasal dari serat alami seperti katun. Pilihan kain ini bertujuan untuk menyerap keringat yang dikeluarkan oleh bayi dengan baik. Sehingga biang keringat tidak semakin parah. Usahakan menghindari baju yang berbahan sintesis seperti polyester atau nilon.

Anda pun bisa memakaikan popok yang terbuat dari kain ketika berada di dalam rumah untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya biang keringat. Pilihlah pakaian yang sedikit longgar untuk membantu sirkulasi udara agar lebih lancar. Sebaiknya ganti baju si kecil sesering mungkin karena bayi mudah merasa gerah dan mengeluarkan keringat.

Gunakan Lidah Buaya
Untuk mengatasi biang keringat pada si kecil Anda bisa memanfaatkan tanaman yang satu ini. Campurkan daging lidah buaya dengan air mawar secukupnya lalu kemudian oleskan pada kulit yang terkena biang keringat. Sensasi dingin yang ditimbulkannya membuat bayi merasa nyaman serta kandungan didalamnya dapat mengobati peradangan yang terjadi akibat biang keringat.

Es Batu
Selain digunakan untuk membuat minuman menjadi lebih segar, es batu juga bisa digunakan untuk mengurangi peradangan pada kulit. Anda cukup mengoleskan es batu pada kulit tubuh bayi yang sedang terkena biang keringat. Sensasi dingin yang ditimbulkannya mampu membuat kulit rileks sehingga rasa gatal pun hilang akan berkurang.

Lemon
Buah yang satu ini juga bisa Anda gunakan untuk mengurangi biang keringat. Caranya Anda bisa mencampurkan air perasan lemon pada air yang digunakan untuk mandi si kecil. Kandungan buah lemon dipercaya memiliki khasiat untuk mengontrol kelebihan minyak yang dikeluarkan oleh tubuh melalui keringat.

Beberapa cara di atas bisa Anda praktikkan secara langsung untuk mengatasi biang keringat pada bayi Anda. Bagaimana, mudah bukan? Jika Anda ingin mendapatkan informasi menarik lainnya seputar parenting, Anda bisa mengunjungi orami.co.id. Di sini Andapun bisa berbelanja kebutuhan bayi serta berbagi pengalaman dengan orangtua lain melalui forum diskusi.

Share:

Paling Sering Dibaca